Menyulap Ponsel Menjadi Wabcam Atau CCTV  

Diposting oleh Aris Sumarwanto

Fitur kamera pada ponsel bisa dimaksimalkan menjadi sebuah WebCam atau CCTV.Fungsi ini sangat terkait dengan security, artinya kita bisa mengawasi rumah , kantormelalui ponsel Anda. WebCam atau Web Camera mulai ditemukan pada tahun 1991 setidaknya telah membuka mata dunia dan menambah manfaat dari koneksi internet secara langsung. Mulai chatting,teleconference bahkan sebagai kamera steady nonstop. Meski streaming file video yang dikirimkan dipengaruhi oleh kecepatan akses internet, namun tidak bisa dipungkiri, webcam ttelah merubah segalanya. Sekarang, warnet tanpa webcam pasti akan dijauhi oleh pengunjungnya. Bagaimana cara kerja webcam itu sendiri? Secara sederhana, webcam bekerja berdasarkan pada video yang diambil dari sebuah kamera kemudian dikirimkan dengan teknik streaming melalui jaringan internet.

Bagaimana memanfaatkan kamera ponsel sebagai webcam? Bisa, dengan bantuan aplikasi third party yang mendukung koneksi antara PC dan ponsel. Salah satu aplikasinya adalah Mobile WebCam. Oleh publishernya, aplikasi ini dibuat khusus untuk memaksimalkan kerja kamera pada ponsel. Untuk bisa terhubung, ada dua pilihan koneksi, yakni via Bluetooth dan kabel data. Kompatible dengan Yahoo! Messenger dan MSN messenger.Ada PC di rumah, ada koneksi yang bisa digunakan untuk surfing web, bisa Chatting menggunakan WebCam. Kenapa harus repot-repot beli WebCam? Ponsel kamera erbasis Symbian S60 pun bisa kita sulap sebagai WebCam atau bahkan CCTV.Adapun perlengkapan yang dibutuhkan adalah:
  1. Ponsel Symbian S60 dengan kamera terintegrasi.
  2. PC.
  3. Yahoo! Messenger yang terinstall di PC.
  4. Bluetooth dongle PC
Download Panduan Lengkapnya

This entry was posted on Rabu, Mei 27, 2009 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar